pemkot

Buka TPU Baru Terapakan Konsep Ramah Lingkungan

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tahun ini bakal membuka 4 lahan yang akan dijadikan sebagai Tempat Pemakaman Umum (TPU), dimana TPU yang ada di kota Palembang hampir keseluruhan telah over load. Kepala Dinas Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan, dan Pemakaman Palembang, Taufik Syakroni melalui Kepala Bidang Pemakaman Ir Asman mengatakan ke-4 lokasi yang akan dijadikan TPU baru berada di Gandus, Kenten Sako, Talang Kelapa dan Kalidoni tepatnya di Sungai Putat.

Asman mengatakan untuk pengembangan lahan TPU baru di kawasan Gandus seluas 5 hektar. Kemudian TPU Talang Kelapa seluas 5 hektar, Lalu TPU Kenten Sako, pengembangannya seluas 7 hektar dan TPU di Kalidoni seluas 11 Hektar dimana dalam satu hektar di harapkan dapat menampung lebih kurang 8.000 sampai 8.500 makam.

“Tapi TPU Talang Kelapa masih terkendala pembebasan lahan, belum bisa dibebaskan lahannya, masih tanah masyarakat. Kita sudah upayakan melalui Camat, minta pembebasan lahan, TPU Kenten Sako akses ke jalannya masih jelek, berupa tanah merah” jelasnya. Direncanakan dari ke-4 lahan ini hanya TPU Gandus yang kemungkinan lebih awal bisa di fungsikan pada awal April mendatang dengan menerapkan konsep Taman Pemakaman Umum (TPU) ramah lingkungan.

Dengan konsep ini otomatis di TPU baru tersebut tidak ada lagi dipasang pedapuran pemakaman. Sehingga lahan yang ada lebih efektif dan efisien difungsikan, termasuk menambah keindahan dan ruang terbuka hijau.

Terakhir, kata dia, perluasan lahan TPU Kebun Bunga yang tadinya 5 hektar ditambah menjadi 2,4 hektar untuk area bagian belakang. “Cuma belum ditata, baru pembebasan lahan. Nantinya disamping lahan makam, akan dibuat tempat penampungan air, supaya tidak banjir. Seperti kolam,” sambung Asman. Selain itu, Dinas Pemakaman juga bakal mengembangkan TPU dikawasan Seberang Ulu, Jakabaring.

Menurutnya, untuk memanfaatkan lahan TPU baru agar lebih efisien dan efektif penggunannya, maka akan diterapkan konsep makam tumpang. Ini dilakukan agar daya tampung lahan TPU lebih maksimal, karena pihak Pemakaman tidak mungkin membebaskan lahan setiap tahunnya. Semakin lama, lahan sulit dicari, dan harga tanah makin mahal.

Karena itu, penarapan TPU Ramah lingkungan difungsikan sebagai sarana penyerapan air, menambah fungsi ruang hijau, menambah keindahan agar menghilangkan kesan angker, dan lebih efektif dan efisien tanpa membongkar pedapuran makam.

Sejauh ini, Dinas Pemakaman mengelola sebanyak 12 TPU di kota Palembang. Diantaranya TPU Kamboja, Puncak Sekuning, Talang kerikil, Kandang Kawat, Sultan Mansyur, Telaga swidak, Candi Welang, Talang Pete dan Talang Jambe. Dari jumlah TPU tersebut, TPU Puncak Sekuning, Sultan Mansyur dan Talang Jambe yang lahan pemakamannya masih luas.

“Yang lain, kalau tidak tumpang, tidak bisa,” kata Asman. Dia mengakui, overloadnya beberapa TPU yang dikelola Dinas Pemakaman merupakan kesulitan yang dialami pihaknya sejak awal. Kedepan, setelah penerapan pola TPU ramah lingkungan, maka Dinas Pemakaman tidak memperkenankan lagi adanya pedapuran pemakaman di TPU.

Dinas Pemakaman juga akan merkerut tenaga gali kubur melalui pihak ketiga sebagai mitra mereka. “Konsep yang benar, seluruh tukang gali kubur, pegawai kita. Tapi itu tadi, kita terkendala anggaran. Paling tidak, akan dilakukan kerjasama dengan mitra. Sehingga tarifnya kita yang menyesuaikannya,” pungkas dia.

sumber : bulletinmetropolis.com (ria amelia)

foto:http://1.bp.blogspot.com/

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan WEB ini

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya

Poling anda…

informasi yang paling anda minati...
info pemerintah kota palembang
info pendidikan
info ekonomi
info seputar sfc
info sosial
info gadget

Isi Poling Anda

BENDERA

free counters
Web Informer Button
%d blogger menyukai ini: