pemkot

1200 Pohon Buah di Tanam, Agropolitan Kian Hijau

Dalam rangka gerakan penanaman 1 miliar pohon peringatan Hari Penanaman Pohon Indonesia (HMPI), kawasan agropolitan di Kelurahan Pulokerto Kecamatan Gandus Palembang kian hijau setelah sebanyak 1200 jenis pohon buah-buah ditanam dikawasan tersebut.

Penanaman pohon dilakukan secara simbolis oleh Wakil Walikota (wawako) Palembang H Romi Herton, Kepala Staf Kodam (kasdam) II Sriwijaya Brigjen TNI Mohamad Nasir, Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Kehutanan (DP2K) Kota Palembang berserta pihak yang terlibat lainnya, Senin (5/11).

Wawako Palembang H Romi Herton mengatakan penanaman pohon yang dilakukan merupakan tindak lanjut dari gerakan penamanan 1 Milira pohon yang serentak dilakukan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

“Dengan ditanamnya 1200 pohon buah seperti Jambu, Mangga dan Rambutan akan menambah penghijuan Kota kita, khususnya dikawasan Agropolitan ini. Terlebih lagi ditanamnya pohon bisa menjadi penyeimbang kota industri ini,”jelas Romi.

Selain difokuskan di kawasan Agropolitan, penanaman sebanyak 1.900 pohon juga telah ditanam di Pulo Kemarau beberapa hari yang lalu. Kawasan agropolitan yang letaknya lebih kurang 20 KM dari pusat kota ini selain menjadi kawasan yang di programkan Pemerintah Kota (pemkot) Palembang juga dicanangkan menjadi lokasi Agro wisata dan MinaPolitan sebagai Hutan Kota buah.

“Konsepnya kawasan agropolitan ini akan menjadi tepat rekrasi, juga bisa menjadi kawasan hutan kota berbasis buah, dua tahun kedepan kita sudah bisa menikmati hasil buah dari pohon yang kita tanam ini,”ungkapnya.

Saat disinggung belum tersedianya akses jalan yang memadai untuk menuju kawasan yang sangat jauh dari pusat kota tersebut, Romi menjelaskan tahun 2012 jalan yang hanya masih timbunan tanah merah tersebut akan menjadi jalan yang licin layaknya jalan dijalan Protokol. “Secara perlahan dari anggran kita 1,7 Triliun akan kita alokasikan untuk pembangunan jalan untuk menuju kawasan Agropolitan ini, sehingga tahun depan sudah bisa dilalui,”katanya.

Kepala DP2K Kota Palembang Sudirman Tegoeh mengatakan dari wilayah seluas 16 ha dikawasan agropolitan tersebut, 4 ha dikhususkan untuk penanaman berbagai jenis pohon buah-buahan.
“ Nantinya selaian memiliki tempat agro wisata, Agropolitan, dikawasann ini juga mempunyai hutan kota berbasis buah-buahan jadi seluas 4 ha kita khususkan untuk penanaman pohon, sedangkan 2 ha, kita khususkan untuk untuk persawahan yang tujuannya untuk Edukasi (pendidikan) bagi pelajar cara menanami padi. Secara continue akan kita lakukan pengawasan dan perawatan untuk pengembangan hutan kota tersebut.”jelasnya.

sumber : bulletinmetropolis.com (wahyu)

gambar : bulletinmetropolis.com

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan WEB ini

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya

Poling anda…

informasi yang paling anda minati...
info pemerintah kota palembang
info pendidikan
info ekonomi
info seputar sfc
info sosial
info gadget

Isi Poling Anda

BENDERA

free counters
Web Informer Button
%d blogger menyukai ini: