gadget, hiburan

Terrafugia, Atasi Masalah Kemacetan

Macet …., itulah fakta yang terjadi akhir-akhir ini yang menjadi pemikiran para ahli bidang otomotif di Amerika yang tergabung di perusahaan berlabel Terrafugia yang didirikan tahun 2006. Perusahaan ini telah mendapatkan penghargaan dari  MIT-trained Aeronautical Engineers yang berupaya membantu memecahkan masalah kemacetan. Dengan konsep membuat kendaraan roda 4 yang berfungsi sebagaimana layaknya mobil, namun dalam beberapa saat dapat dirubah menjadi “Pesawat Terbang” pribadi yang dinamakan “Roadable Aircraft” atau Pesawat Terbang Jalanan.

Transisi dirancang sebagai pesawat berukuran lebih kecil ketimbang pesawat swasta yang sesuai klasifikasi Federal Aviation Administration (FAA), tentunya dengan berat maksimum 1,320lb. Sayangnya tidak banyak fitur keselamatan yang disematkan ke dalam kendaraan tersebut.

Meskipun begitu, FAA telah memberikan pengecualian untuk memungkinkan kendaraan itu masuk dalam klasifikasi pesawat olahraga ringan, padahal beratnya pun melewati batas lebih dari 120lb. Namun pesawat olahraga ringan itu hanya diberi lisensi terbang selama 20 jam, membuat pesawat ini lebih mudah diatur ketimbang pesawat swasta berlisensi penuh. Transisi dilengkapi dua kursi penumpang dan dapat dikemudikan di jalan raya kecepatan biasa menggunakan roda yang ada di bagian bawah pesawat, dengan sayap terlipat dengan kekuatan 30 mil per galon.

Setelah tiba di tempat take-off, baik itu bandara atau sebidang tanah datar, lipatan sayap pesawat akan terbuka dan melakukan lepas landas. Sayap lipat tersebut dilengkapi dengan tenaga listrik. Kecepatan berada di udara mencapai 115mph, dengan jara tempuh 460 mil, dan bisa membawa barang dengan berat 450 lb. Untuk melakukan penerbangan, kendaraan ini membutuhkan landasan pacu berukuran 1.700 kaki, bahkan kendaraan ini dapat disimpan di garasi berukuran standar. Terrafugia mengatakan bahwa salah satu keuntungan utama Transisi adalah keselamatan, meskipun dalam menghadapi cuaca buruk, bisa tetap terbang dengan aman.

Untuk dapat mengemudikan kendaraan ini, maka pengemudi wajib memiliki Surat Ijin Mengemudi pada umumnya dengan tambahan Sertifikat Pesawat Terbang Sport Ringan.

Disadur dari beberapa sumber

gambar : sportku..

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan WEB ini

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya

Poling anda…

informasi yang paling anda minati...
info pemerintah kota palembang
info pendidikan
info ekonomi
info seputar sfc
info sosial
info gadget

Isi Poling Anda

BENDERA

free counters
Web Informer Button
%d blogger menyukai ini: