pemkot

46 Titik Genangan Air Masih Sulit di Tangulangi

Tingginya curah hujan ahir-akhir ini masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) Dinas Perkerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Pengeloaan Sumber Daya Air (PSDA) Kota Palembang untuk menangulangi 46 ititk genangan air yang tersebar di Kota Palembang. Kepala Dinas PU Bina Marga dan PSDA Kota Palembang Kira Tarigan melalui Kepala Bidang PSDA Bastari mengisyarakatkan 46 titik genangan air masih akan menjadi kendala laju kendaraan saat hujan turun melanda.

“Jumlah titik genangan air tidak berkurang jumlahnya, saat ini baru bisa ditangulangi waktu lama banjir dan ketingian banjirnya saat hujan datang,  biasanya terjadi di Jalan A Rivai, Sudirman,Angkatan 45, Veteran, Mayor Salim Batu Bara” jelasnya Rabu (26/10) saat ditemui diruang kerjanya.

Sebelumnya ketingian air mencapai 20 cm dan waktu genangan mencapai 6 jam lamanya, ungkap Bastari saat ini sedikit menurun dari biasanya yakni ketinggian air menurun dari 20 cm dan waktu genangan air menurun hanya dalam waktu 2-4 jam. Khusus genangan air di simpang taman Polda, pihaknya tengah menggalakkan pembuatan kolam retensi, namun untuk realisasinya masih terbentur dengan pendanaan.

“Renacananya kita akan membuat satu lagi kolam retensi di belakng Sriwijaya Eye Center, dengan luas 1 hektar dengan kedalaman 3 meter, untuk realisasinya masih dalam tahap pembahasan,”jelasnya.

Penyebab banjir atau genangan air sendiri, kata Bastari lagi disebabkan dua faktor yakni faktor alam dan manusia itu sendiri. Faktor alam, cenderung disebabkan hujan dan musim pasang surut, sedangkan faktor manusia disebabkan membuang sampah disaluran air, bangunan berdiri diatas bantaran sungai, segmentasi disaluran air dan kolam retensi, berkurangnya daerah resapan air serta kapasitas saluran lebih kecil dari limpahan air permukaan.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan WEB ini

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya

Poling anda…

informasi yang paling anda minati...
info pemerintah kota palembang
info pendidikan
info ekonomi
info seputar sfc
info sosial
info gadget

Isi Poling Anda

BENDERA

free counters
Web Informer Button
%d blogger menyukai ini: