pemkot

Diskominfo Kota Palembang Sosialisasikan Internet Sehat dan Aman

internet sehat

Setelah dua hari sebelumnya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palembang melakukan sosialisasi internet sehat dan aman (INSAN) kepada para kalangan pelajar. Kemarin, Selasa (27/9) kembali melaksanakan kegiatan serupa di Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Jakabaring.

“Sosialisasi yang pertama kami lakukan di SMK Negeri 4 Palembang, yang kedua di SMA Patra Mandiri 1 Plaju, dan yang terakhir di MAN 1 Jakabaring. Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Kota Palembang dalam upaya memberikan kenyaman dan pembinaan kepada siswa atau pelajar agar dapat memanfaatkan teknologi informasi internet dengan baik dan benar. Sehingga memberikan manfaat yang baik untuk kemajuan pendidikan anak-anak disekolah,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Telematika dan Telekomunikasi Drs H Thamrin, usai sosialisasi.

Dikatakan Thamrin, pelajar bisa memanfaatkan internet sehat dengan mengakses situs-situs yang positif yang berisi pengetahuan agar dapat membuka cakrawala pengetahuan dan mempunyai pengetahuan baru. “Pelajar dapat membuka situs milik Pemerintah kota Palembang seperti www.palembang.go.idwww.bulletinmetropolis.com yang berisikan informasi seputar kota Palembang, ”jelasnya.

Bila internet tidak dimanfaatkan dengan baik, dapat menimbulkan efek buruk bagi pelajar dan berpotensi memicu trauma yang dapat mengganggu kesehatan mental pelajar. Seperti siswa sering gelisah, sering melamun atau berhayal, konsentrasi belajar akan buyar, dan siswa menjadi kurang dalam pergaulan (kuper). Untuk itulah, lanjutnya, dalam penggunaan internet setidaknya harus ada pengawasan orang tua.

“Pengawasan orang tua setidaknya bisa memastikan penggunaan internet tersebut tidak disalah gunakan dengan menanamkan nilai-nilai moral yang baik sedini mungkin dapat meminimalisir dampak negatif dari penyalahgunaan penggunaan internet, ”terangnya.

Sementara, salah seorang dosen Sistem Informasi STMIK Global Informatika MDP, Edin S Djatikusuma mengatakan berbagai informasi bisa didapatkan dengan mudah melalui internet. Namun tetap harus perduli akan resiko, jangan memberikan data pribadi yang lengkap, bila perlu jangan memberikan data yang valid, manfaatkan keamanan yang terpasang dikomputer.

Karena, dalam penggunaan internet tidak seluruh isi di Internet dapat bermanfaat bagi kita selaku pengguna. Beberapa isinya bahkan cenderung merugikan kita, anak-anak dan murid. Materi yang merugikan tersebut terdapat di situs-situs negatif, misalnya: pornografi, madat, rasisme, kekerasan dan perjudian.

“ Di Internet dapat pula terjadi pelanggaran privasi, perendahan martabat dan pelecehan seksual ringan maupun berat, ”tandasnya.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Jakabaring, Dra Hj Selfi Ariani MM mengatakan kalau pihaknya menyambut baik diadakannya sosialisasi tersebut. “Tentunya ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kami untuk dapat memahami dalam mengakses internet yang sehat itu seperti apa, diharapkan kegiatan sosialisasi ini dapat digiatkan lagi, “katanya.

sumber : bulletinmetropolis.com (rindu)

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan WEB ini

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya

Poling anda…

informasi yang paling anda minati...
info pemerintah kota palembang
info pendidikan
info ekonomi
info seputar sfc
info sosial
info gadget

Isi Poling Anda

BENDERA

free counters
Web Informer Button
%d blogger menyukai ini: