pemkot

DP2K Curigai Nelayan Listrik Teroganisir

Dinas Perternakan Perikanan Kehutanan (DP2K) Kota Palembang curiga maraknya penangkapan ikan secara ilegal di perairan sungai Musi yang tumbuh subur dengan cara mengunakan alat listrik atau nelayan listrik di sinyalir terorganisir.

Sudirman Teguh selaku Kepala DP2k Kota Palembang mengatakan, maraknya penangkapan ikan dengan penyetruman ini terus marak, hanya saja pihaknya selama ini terkendala melakukan penangkapan karena meraka melakukan aksinya pada malam hari.

“Disinyalir mereka (nelayan listrik) ini ada perorangan, dan terorganisisr yang hasil tangkapanyan ditampung seorang pembeli khsusus (penadah),”jelasnya usai rapat koordinasi sehubungan dengan maranya penyetruman Ikan di sungai Musi, Kamis (11/8) di Pemkot palembang.

Aksi mereka selain membahayakan ikan yang besar, aksi penyetruman ini juga akan membunuh semua jenis bibit ikan yang ada. Bahkan flasmanufa jenis ikan tertentu habitat di sungai musi akan punah.

Dan hasil restocking yang dilakukan tahun ini, jutaan benih ikan yang secara resmi ditabur di sungai musi oleh Pemkot Palembang bahkan tamu luar Palembang saat ini juga disinyalir punah.

“Jika aksi nelayan melakukan penyetruman ini berkembang pesat, yang pasti benih ikan yang kita tebarkan sia-sia saja. Saat ini keberadaan mereka telah diketahui, diantarnya berada di sungai pedalaman anak sungai musi. Biasa kebanyakan aksi mereka di periaran sungai baung, Sungai di Pulokerto dan Sungai Ogan,”katanya.

Untuk mengantisipasi hal ini, pemkot Palembang berserta unsur dan dinas terkait dalam waktu dekat akan melakuan razia di seputaran sungai musi. Terdiri dari sat Pol PP, DP2K, Airut, Lanan, dan Polresta yang akan langsung ditindak dan di kenakan sangsi sesuai Undang-Undang yang berlaku yakni minimal lima tahun kurungan atau denda Rp 2 m, sesuai UU no 31 tahun 2004 yang telah dilakukan UU peribahannya no 45 tahun 2009 tentang penangkapan Ikan.

sumber : bulletinmetropolis.com (wahyu)

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan WEB ini

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya

Poling anda…

informasi yang paling anda minati...
info pemerintah kota palembang
info pendidikan
info ekonomi
info seputar sfc
info sosial
info gadget

Isi Poling Anda

BENDERA

free counters
Web Informer Button
%d blogger menyukai ini: