pendidikan, sosial

H Muazim Syair Luncurkan Buku Jurnalistik Dakwah

Praktisi pers sekaligus wartawan senior H Muazim Syair, Senin (20/6) meluncurkan buku yang berjudul “Mengenal dan Mengembangkan Jurnalistik Dakwah” yang berisi 252 halaman yang disusunnya selama kurang dari dua bulan. Peluncuran buku ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis buku tersebut kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang beserta tokoh-tokoh dilingkungan UMP dan tokoh pers yang hadir.

Muazim sesaat usai peluncuran menjelaskan mengapa buku tersebut berjudul Mengenal dan Mengembangkan Jurnalistik Dakwah. “Buku ini saya susun untuk membimbing para wartawan khususnya pemula, bagaimana menulis suatu artikel jurnalistik dakwah. Karena selama ini, masyarakat hanya terpaku pada topic jurnalistik infotainment, kriminal atau berita lainnya.” Tukas penulis yang juga sebagai Pemimpin Redaksi Warta Dakwah.

Menurutnya, selama ini cara orang menyampaikan dakwah umumnya hanya melalui ceramah-ceramah di masjid. Namun kendati banyak cara untuk menyampaikan dakwah tersebut, peran fungsi media massa sebagai alat penyebarluasan dakwah lebih mengena. Karena selain dapat dibaca orang banyak, juga dapat disimpan/diarsipkan.

“Suatu hal penting yang dapat kita lakukan untuk berdakwah, antara melalui lisan, tulisan atau menggunakan harta/kekayaan. Selama ini orang terpaku dalam dakwa lisan. Tapi dengan tulisan, berdakwah akan lebih effektif. Karena dapat dibaca berulang-ulang. Namun, seorang wartawan harus memiliki pengetahuan yang luas. Dan untuk jurnalistik dakwah, seorang wartawan harus mempunyai referensi agama. Karena salah sedikit dalam penulisan ayat, tentu akan fatal.” Ujarnya.

Rektor UMP, HM Idris SE MSi dalam sambutannya menyampaikan dukungannya sebagai ajang untuk memberikan pengetahuan tambahan bagi mahasiswa dilingkungan UMP khususnya mahasiswa Fakultas Agama Islam dan FKIP. “Dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan yang kita miliki, Pak Muazim sebagai wartawan senior sudah banyak menulis mengenai jurnal-jurnal keislaman. Jadi dari itu kita support mempublikasikan dan menyosialisasikan kepada kalangan mahasiswa UMP dan Sumsel untuk menambah wacana mereka dalam dunia jurnalistik yang baik dan berbudaya.” Ungkap Idris.

Sementara Ketua PWI Cabang Sumsel, H Ocktap Riady menilai buku jurnalistik dakwah tulisan H Muazim Syair ini sangat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pencerahan bagi pers.

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan WEB ini

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya

Poling anda…

informasi yang paling anda minati...
info pemerintah kota palembang
info pendidikan
info ekonomi
info seputar sfc
info sosial
info gadget

Isi Poling Anda

BENDERA

free counters
Web Informer Button
%d blogger menyukai ini: