pemkot, sosial

Buang Puntung Rokok, Disidang

Peringatan kepada warga Metropolis untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan terutama di jalan-jalan protokol. Jika kedapatan tangan melanggar, membuang sampah sembarangan maka sanksi tegas telah menanti. Selain diamankan petugas, dan diminta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya, warga pelanggar tadi juga akan diikutkan sidang yustisi tindak pidana ringan (tipiring).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Palembang, Herman HS melalui Kepala Bidang Penyidik Pegawai Negeri Sipil (Kabid PPNS) Drs Mardawi mengatakan, pelanggaran terhadap aturan tersebut diancam sanksi subsider 3 bulan kurungan dan denda maksimal Rp50 juta. Ketentuan itu, tertuang dalam peraturan daerah (Perda) nomor 12/2006 tentang pengelolaan, retribusi sampah dan kebersihan. Nah, terangnya, segala sesuatu

barang yang dibuang di jalan dan dapat menyebabkan kotornya lingkungan adalah sampah. ‘’Termasuk puntung rokok, ” terangnya. Oleh karena itu, dalam beberapa kali razia termasuk kegiatan yang kemarin digelar di sekitar pasar Tengkuruk dan Pasar 16, pihaknya mengamankan sejumlah warga dan pengendara kendaraan bermotor yang membuang puntung rokok ke jalan. ‘’Begitu tertangkap tangan, langsung kita amankan, ” ungkapnya. Hanya saja, untuk saat ini pihaknya masih memberikan toleransi dengan hanya meminta pelanggar untuk membuat surat pernyataan tidak mengulangi lagi perbuatannya. Langkah tersebut diambil untuk memberikan efek jera atau shock therapy kepada warga agar

tidak membuang sampah sembarangan terutama di jalan-jalan protokol. Nah, sambungnya, upaya yang dilakukan tersebut memberikan dampak positif. Saat ini, terjadi peningkatan disiplin dan kesadaran warga akan pentingnya kebersihan lingkungan. ‘’Yah, kalau dipersimpangan lampu merah, kita sudah tidak terlalu banyak mendapatkan warga yang membuang sampah sembarangan,” cetusnya.

Meski begitu, pihaknya tetap melakukan pengawasan dengan menempatkan sejumlah personil jalan-jalan protokol seperti simpang lampu merah Charitas. ‘’Jadi begitu didapati ada yang membuang sampah semba-rangan, langsung kita tindak, ” tukasnya.

Sumber : sumatera ekspres, 7 juni 2011

foto : http://ftrslv.wordpress.com

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan WEB ini

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya

Poling anda…

informasi yang paling anda minati...
info pemerintah kota palembang
info pendidikan
info ekonomi
info seputar sfc
info sosial
info gadget

Isi Poling Anda

BENDERA

free counters
Web Informer Button
%d blogger menyukai ini: