pemkot, sosial

Pasien Serbu Pustu dan Puskesmas

Setelah tutup karena hari libur nasional, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), kemarin (3/6) diserbu pasien. Puskesmas Makrayu, Kecamatan Ilir Barat (IB) II jumlah pasien meningkat dua kali lipat yakni 400 pasien yang datang untuk berobat. Biasanya perhari hanya melayani 100 sampai 200 pasien. Kepala Puskesmas Makrayu, Dr Hj Novia Diana Roza MKes, peningkatan terjadi karena pada Kamis (2/6) Puskesmas tidak melayani pasien. Sesuai dengan kalender, hari dan tanggal tersebut merupakan Kenaikan Yesus Kristus yang notabene libur Nasional.

“Berdasarkan instruksi Dinas Kesehatan, pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap dibuka. Namun, karena lokasinya jauh untuk berobat ke Rumah Sakit, pasien lebih menunggu pelayanan di Puskesmas. Lokasinya mungkin dekat dengan rumah dan tidak memakan waktu,” kata Novia kepada koran ini.

Peningkatan pasien yang datang ke Puskesmas Makrayu lebih dari 400 pasien. Di hari biasa, jumlah pasien rata-rata hanya mencapai 100 sampai 200 pasien. Rata-rata keluhan ispa dan diare.

“Ispa dan diare tetap mendominasi, baik pasien anak-anak, dewasa, dan lansia. Adapula hipertensi, maag, dan darah tinggi. Mereka kebanyakan sudah berobat ke rumah sakit kemarin. Tapi, karena sudah datang ke rumah sakit, terus jauh mau balik lagi, mereka lebih memilih berobat ke puskesmas,” terangnya.

Sementara itu, peningkatan jumlah pasien juga terjadi di Puskesmas Pembantu (Pustu) 32 Ilir. Disini pasien yang berobat jumlahnya seperti hari biasa berkisar 30-40 pasien. Bahkan, kemarin jumlahnya sudah mencapai 30 pasien yang mendaftar untuk berobat.

“Hari ini ramai pasiennya, tapi tidak sekaligus. Ramainya karena kemarin itu libur. Jumlahnya seperti hari biasa antara 30-40 pasien. Ini saja kita sudah tangani pasien sebanyak 30 orang. Macam-macam pasien yang kita tangani, mulai batuk, pilek atau ispa, dan demam,” ujar Yana, petugas Pustu 32 Ilir saat ditemui di ruang kerjanya.

 

 

sumber : sumatera ekspres, 4 juni 2011

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan WEB ini

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya

Poling anda…

informasi yang paling anda minati...
info pemerintah kota palembang
info pendidikan
info ekonomi
info seputar sfc
info sosial
info gadget

Isi Poling Anda

BENDERA

free counters
Web Informer Button
%d blogger menyukai ini: