ekonomi, sosial

Durian Tebing Banjiri Palembang

Bagi penggemar buah durian, kini saat yang tepat untuk memanjakan diri menikmati buah beraroma cukup menyengat ini sepuas-puasnya. Pasalnya, sekarang ini buah durian tengah membanjiri Kota Palembang khususnya di Pasar Kuto Baru. Maklum saja, saat ini tengah panen raya di sentra Kabupaten Empat Lawang (Tebing Tinggi,red).

“Buah durian banjir masuk dari kalangan pedagang pengumpul Kabupaten Empat Lawang, jadi peluang juga untuk mengecer di Kota Palembang,” tutur Rusdian (46), salah satu pedagang durian di kawasan Pasar Kuto Baru, kemarin.

Menurutnya, pasokan buah durian ke Kota Palembang, sudah berlangsung sejak dua pekan terakhir. Namun, membajirnya satu minggu terakhir. Akibatnya banyak pedagang durian dadakan di sepanjang Jl Slamet Riyadhi, karena lebih mudah dijangkau konsumen.

“Kami setiap musim panen raya buah durian selalu memilih, berjualan di pinggir jalan, umumnya mulai sore hari,” ka- tanya. Sebab, kalau berjualan di pasar-pasar di siang hari warga tidak banyak yang membeli, jika dibanding pada pinggir jalan. Kini harga jual buah durian mulai dari ukuran kecil Rp6.000/ buah, ukuran sedang Rp10.000/ buah dan ukuran besar capai Rp14.000/buah.

“Kami mamatok harga eceran mengacu dengan pedagang pengumpul dari sentranya. Untung hanya tipis tetapi cukup membantu untuk menutupi biaya kebutuhan keluarga,” kata Rusdian.

Terpisah, seorang pedagang pemasok buah durian dari Kabupaten Empat Lawang, Udin (52), menyebut, buah durian asal Empat Lawang ini, juga dipasok ke sejumlah pasar-pasar tradisional di Sumsel.

Pedagang pengumpul ada yang memasok ke luar provinsi seperti Bengkulu, Jambi dan Pekanbaru. “ Saat ini, jumlah distribusi empat ribu durian per harinya. Diprediksi, satu minggu ke depan, hasil buah durian bisa mencapai 10 kali lipat,” pungkasnya.

 

 

sumber : sumatera ekspres, 4 juni 2011

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan WEB ini

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya

Poling anda…

informasi yang paling anda minati...
info pemerintah kota palembang
info pendidikan
info ekonomi
info seputar sfc
info sosial
info gadget

Isi Poling Anda

BENDERA

free counters
Web Informer Button
%d blogger menyukai ini: