pemkot, sosial

Dam 13 Ilir Bau Busuk

Hampir semua anak Sungai Musi di sejumlah titik dalam Kota Palembang mengeluarkan bau tak sedap dan airnya hitam pekat. Kondisi itu pun kerap terjadi ketika musim kemarau.

Pantauan  wartawan Sumatera Ekspres, di Sungai Dam 13 Ilir tepatnya yang menghubungkan Jl Ali Gatmir dan Jl Kuto terlihat jelas tumpukan sampah yang berserakan di dasar sungai. Hal itu memperburuk pemandangan apalagi di sungai itu sudah terdapat jalan inspeksi bantaran sungai.

Bahkan,warga yang melintas terpaksa harus menutup hidung agar tidak mencium bau tersebut. “Hampir setiap hari kami mencium bau yang tidak sedap ini. Apalagi, di malam hari baunya menyebar sampai radius puluhan meter,” kata Aris warga setempat, kemarin (3/6).

Ia juga mengatakan, hampir seluruh penduduk yang hidup di bantaran sungai membuang limbah dan sampah rumah tangga ke sungai tersebut. Mulai dari sampah dapur, hingga air tinja penduduk pun di buang ke sungai tersebut. Membuang sampah ke sungai juga menurutnya sudah menjadi tradisi turun temurun dari dahulu kala.

Terpisah Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palembang, Kms Abubakar mengatakan, kualitas air di sejumlah anak sungai yang ada di Palembang sangat rendah. Beberapa anak sungai pun telah diuji kualitasnya diantaranya Sungai Aur, Sekanak, Bendung, dan Lambidaro.

“Hasilnya (penelitian, red) kualitas airnya sangatlah rendah. Dan jelas air dari sungai yang disebutkan itu sangat tidak layak untuk dikonsumsi meskipun telah dimasak lebih dulu,” ujar Abu beberapa waktu lalu. Penyebabnya, limbah rumah tangga seperti sampah dapur, tinja juga deterjen dan lain sebagainya. Jika dibiarkan terus, dikhawatirkan kualitas air Sungai Musi bertambah parah.

 

 

sumber : sumatera ekspres, 4 juni 2011

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan WEB ini

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya

Poling anda…

informasi yang paling anda minati...
info pemerintah kota palembang
info pendidikan
info ekonomi
info seputar sfc
info sosial
info gadget

Isi Poling Anda

BENDERA

free counters
Web Informer Button
%d blogger menyukai ini: