pemkot

Pemkot Siapkan Anggaran Tambahan 10 Milyar Untuk PNPM Mandiri Perkotaan

Pemerintah Kota Palembang akan mengalokasikan dana tambahan untuk PNPM Mandiri Perkotaan sebesar Rp. 10 milyar. Hal ini dikatakan oleh Walikota Palembang, Eddy Santana Putra, Selasa (24/5) dalam acara workshop Peningkatan Kemampuan Masyarakat Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri di Hotel Horizon.

Bantuan dana untuk PNPM Mandiri ini difokuskan untuk perbaikan infrastruktur perkotaan seperti perbaikan saluran, jalan setapak, MCK.

“Akan di anggarkan 10 milyar di APBD Perubahan,” ujar Eddy

PNPM Mandiri Perkotaan sendiri merupakan suatu upaya pemerintah untuk membangun kemandirian masyarakat dan pemerintah daerah dalam menanggulangi kemiskinan secara mandiri. Di samping itu, program tersebut juga ditujukan untuk mendukung pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs), yaitu upaya mengurangi masyarakat miskin yang berada di bawah hingga 50% di tahun 2015.

Kota Palembang ditahun 2011 ini memperoleh dana PNPM Mandiri Perkotaan yang di anggarkan pada APBN sebesar Rp. 15 dan 3 milyar sebagai dana pendamping dari APBD.
program tersebut dalam perjalanannya memerlukan penyesuaian antara lain meningkatkan kemandirian melalui pemberdayaan masyarakat, meningkatkan kapasitas pemerintah daerah, mewujudkan sinergi antar program, serta meningkatkan capaian kegiatan masyarakat miskin menuju MDGs.

Sementara itu Kepala Bapedda Kota Palembang, Faisyar mengatakan tujuan di adakannya workshop ini yaitu untuk untuk meningkatkan kapasitas lembaga keswadayaan masyarakat (LMK) dalam fungsinya sebagai penyalur aspirasi masyarakt, untuk meningkatkan kemampuan dan mendorong untuk tumbuh kembangnya partisipasi kemandirian masyarakat, terwujudnya sinergi antara lkm dan stake holder dalam membangun integrasi dan harmonisasi

“Untuk mengevaluasi pencapaian secara menyeluruh terhadap pemberdayaan ditingkat kelurahan,” ujar Faisyar

Dia mengakui program pnpm ini salah satu program yang boleh dikatakan berhasil yang dimulai dari perencanaan dimana didahului dengan mengidentifikasi suatu permasalah pada suatu kawasan kemudian melaksanakan dan mengawasi. oleh karena itu diharapkan hasil dari evaluasi tersebut dapat memenuhi sasaran yaitu penanggulangan kemiskinan.

“Tujuan workshop ini juga untuk menghitung apakah di daerahnya tingkat kemiskinan sudah dapat diturunkan, tukasnya

Sumber : bulletinmetropolis.com
By : Ria Amelia

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan WEB ini

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya

Poling anda…

informasi yang paling anda minati...
info pemerintah kota palembang
info pendidikan
info ekonomi
info seputar sfc
info sosial
info gadget

Isi Poling Anda

BENDERA

free counters
Web Informer Button
%d blogger menyukai ini: