pemkot

Tumbuhkembangkan Jiwa Entrepreneur Bentuk Kurikulum Pendidikan

Banyaknya pola pikir lulusan SMA maupun Sarjana selalu memimpikan menjadi pegawai negeri sipil (PNS), maupun sektor pekerjaan lain yang sifatnya pasif. Hal inilah yang membuat sumber daya alam yang melimpah diseluruh wilayah Indonesia, tidak terkelola dengan baik. Oleh sebab itu Kurilulum pendidikan saat ini harus dibuat sedemikian rupa, untuk dapat mencetak lulusan berjiwa wirausaha. Kurikulum pendidikan harus berbasis kompetensi. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang, Drs H Reza Fahlevi MM, Dalam laporannya pada Seminar Pendidikan ENTREPRENEURSHIP Bagi Pendidik dan Tenaga Pendidikan yang digelar di Grand Ballroom Arya Duta Hotel, Selasa (19/10).
Saat ditemui usai pelaksanaan pembukaan Reza menjelaskan alasan mengambil tema “Membangun Generasi Baru dengan Entrepreneurship” adalah untuk membuka pola pikir masyarakat untuk merubah kebiasaan mencari kerja setelah lulus menjadi pencipta lapangan kerja. “Hal ini diawali dari ide Pak Walikota untuk menjadikan Palembang Go to Entrepreneur City.  Kegiatan ini bukan euforia belaka, tapi niat ikhlas dari semua pengelola pendidikan baik kepala dinas, Kasi, Kasubbag, Kepala Sekolah dan Guru agar tercipta pembelajaran yang mempunyai jiwa entrepreneur. Semoga termotivasi membentuk tim untuk menyusun silabus/kisi kurikulum entrepreneur sebagai mata pelajaran muatan lokal  yang dapat diintegrasikan tahun 2011 mendatang dengan tidak menyimpang dari aturan kurikulum nasional. Kita harapkan generasi muda kita bisa menjadi pemain dan tidak tertinggal” Ujar Reza.
Untuk menciptakan generasi muda yang memiliki jiwa entrepreneur, maka diperlukan modul-modul pengajaran yang mampu merangsang jiwa wirausaha, salahsatu metode yang paling efektif membentuk jiwa entrepreneur adalah membiasakan para peserta didik, untuk membuat program atau melakukan praktikum, sehingga mereka bisa menghargai sebuah proses. Pengalaman membuat sebuah program itulah yang akan menjadikan mereka akan menjadi generasi yang mandiri dan mampu berwirausaha, katanya. 
Tampak hadir Walikota Palembang, Ir H Eddy Santana Putra MT beserta tiga pakar Entrepreneur Ciputra Surabaya Ir Antonius Tanan MBA MSc, Drs Dwi Sunu Pebruanto MPd dan Lucky Cahyana Subadi selaku narasumber.
Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan WEB ini

Bergabunglah dengan 202 pengikut lainnya

Poling anda…

informasi yang paling anda minati...
info pemerintah kota palembang
info pendidikan
info ekonomi
info seputar sfc
info sosial
info gadget

Isi Poling Anda

BENDERA

free counters
Web Informer Button
%d blogger menyukai ini: